A.
Definisi
Komunikasi Interpersonal Efektif
Komunikasi
dapat di katakan efektif apabila pesan diterima dan dimengerti sebagaimana di
masut oleh pengirim pesan,pesan di tindak lanjuti dengan sebuah perbuatan
secara suka rela oleh penerima pesan,dapat meningkatkan kualitas hubungan antar
pribadi,dan tidak ada hambatan untuk itu.
Komunikasi
Efektif adalah komunikasi yang mampu menghasilkan perubahan sikap (attitude
change) pada orang yang terlibat dalam komunikasi.
Komunikasi
Efektif adalah saling bertukar informasi, ide, kepercayaan, perasaan dan sikap
antara dua orang atau kelompok yang hasilnya sesuai
dengan harapan.
B.
Model
Pengolahan Informasi
Pengolahan
informasi mengandung pengertian tentang bagaimana seorang individu mempersepsi,
mengorganisasi, dan mengingat sejumlah besar informasi yang diterima individu
dari lingkungan.
Model
pengolahan informasi dibawah ini ada 4 yaitu:
1.
Rational
2.
Limited capacity
3.
expert
4.
cybernetic
C.
Model
Interaktif Manajemen
1.
Confidence
Kenyamanan
dapat membuat suatu organisasi bertahan lama dan menimbulkan suatu kepercayaan
dan pengertian.
2.
Immediacy
Suatu
model organisasi yang membuat suatu organisasi tersebut menjadi segar dan tidak
membosankan
3.
Interaction management
Adanya
berbagai interaksi dalam manajemen seperti mendengarkan dan juga menjelaskan
kepada berbagai pihak yang bersangkutan
4. Expressiveness
Mengembangkan
suatu komitmen dalam suatu organisasi dengan berbagai macam ekspresi perilaku.
5. Other-orientation
Sumber:
Joseph A. Devito, The
Interpersonal Communication Book Eleventh Edition, Pearson Education. Inc,
2007.
Kartini
Hartono. 1994. Psikologi sosial untuk manajemen, perusahaan dan Industri.
Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Suranto. 2011. Komunikasi
Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu, Edisi Pertama
Tidak ada komentar:
Posting Komentar