Pengertian Psikologi Perkembangan
Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu
dalam perkembangannya dan latar belakang yang mempengaruhinya. Dalam ruang lingkup psikologi, ilmu ini termasuk psikologi
khusus, karena psikologi perkembangan
mempelajari kekhususan dari pada tingkah laku individu.
Ada beberapa
manfaat mempelajari Psikologi
Perkembangan, diantaranya yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkah
laku individu itu sesuai atau tidak dengan tingkat usia/ perkembangannya. 2)
Untuk mengetahui tingkat pemampuan individu pada setiap fase perkembangannya
3)Untuk mengetahui kapan individu bisa diberi stimulus pada tingkat
perkembangan tertentu. 4) Agar dapat mempersiapkan diri dalam menghadapi
perubahan-perubahan yang akan dihadapi anak. 5)Khusus bagi guru, agar dapat
memilih dan memberikan materi dan metode yang sesuai dengan kebutuhan anak.
Pengertian
Psikologi Perkembangan
Menurut beberapa para ahli, ada
beberapa fase atau periodisasi psikologi perkembangan individu,
yaitu:
1.
Periodisasi yang berdasar biologis.
Periodisasi
atau pembagian masa-masa perkembangan ini didasarkan kepada keadaan atau proses
biologis tertentu. Pembagian Aristoteles didasarkan atas gejala
pertumbuhan jasmani yaitu antara fase satu dan fase kedua dibatasi oleh
pergantian gigi, antara fase kedua dengan fase ketiga ditandai dengan mulai
bekerjanya kelenjar kelengkapan kelamin. Fase-fase tersebut yaitu a) Fase anak
kecil : 0 – t th, b) Fase anak sekolah: 7 – 14 th yaitu masa mulai bekerjanya
kelenjar kelengkapan kelamin, dan c) Fase remaja : 14 – 21 th
2.
Periodisasi yang berdasar psikologis.
Tokoh utama
yang mendasarkan periodisasi ini kepada keadaan psikologis adalah
Oswald Kroch. Beliau menjadikan masa-masa kegoncangan sebagai dasar pembagian
masa-masa psikologi perkembangan, karena beliau yakin bahwa masa kegoncangan
inilah yang merupakan keadaan psikologis yang khas dan dialami
oleh setiap anak dalam masa perkembangannya. Fase-fase tersebut yaitu: a) Dari
lahir sampai masa “trotz”( kegoncangan) pertama: kanak-kanak awal. b) Trotz
pertama sampai trotz kedua : masa keserasia bersekolah. c) Trotz kedua sampai
akhir remaja: masa kematangan
3.
Periodisasi yang berdasar didaktis.
Pembagian
masa-masa perkembangan sekarang ini seperti yang dikemukakan oleh Harvey A.
Tilker, PhD dalam “Developmental Psycology to day”(1975) dan Elizabeth B.
Hurlock dalam “Developmental Psycology”(1980) tampak sudah lengkap mencakup
sepanjang hidup manusia sesuai dengan hakikat perkembangan manusia yang
berlangsung sejak konsepsi sampai mati dengan pembagian periodisasinya.
Berikut
periodisasi berdasarkan didaktis menurut Elizabeth B. Hurlock :
a)
Masa sebelum lahir (pranatal): 9 bulan
b)
Masa bayi baru lahir (new born): 0-2 minggu
c)
Masa bayi (babyhood): 2 minggu- 2 th
d)
Masa kanak-kanak awal (early childhood):2-6 th
e)
Masa kanak-kanak akhir (later chilhood): 6-12 th
f)
Masa puber (puberty) 11/12 – 15/16 th
g)
Masa remaja ( adolesence) : 15/16 – 21 th
h)
Masa dewasa awal (early adulthood) : 21-40 th
i)
Masa dewasa madya(middle adulthood): 40-60 th
j)
Masa usia lanjut (later adulthood) : 60-…..
Penjelasan
dari beberapa periodisasi individu tersebut dan Materi Psikologi Perkembangan sebagian sudah saya paparkan dipostingan
yang lalu, dan saya tidak akan menguraikan lagi di sini, silakan teman-teman
membuka lagi postingan saya yang lalu (disini). Untuk masa-masa perkembangan individu yang belum
saya uraikan disini, akan saya uraikan lagi pada postingan selanjutnya.
Artikel dari belajarpsikologi.com
Caesars Palace Casino $4.6 Billion Deal to Close, $4.6 Billion
BalasHapusCaesars 나주 출장마사지 Palace casino, 남양주 출장마사지 which 충주 출장안마 is operated by Caesars Entertainment, 아산 출장마사지 will close Dec. 3, leaving the hotel 고양 출장마사지 casino and