Jumat, 11 Oktober 2013

Definisi Manajemen dan Kepemimpinan


Definisi Manajemen

  • Stoner, Pengertian Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumber daya organisasi lainnya agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan
  • Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.
  • Ricky W. Griffin, mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.
  • Psikologi manajemen adalah ilmu tentang bagaimana mengatur / me-manage sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan.


Definisi Kepemimpinan
  • Menurut Tead; Terry; Hoyt (dalam Kartono, 2003), Pengertian Kepemimpinan yaitu kegiatan atau seni mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama yang didasarkan pada kemampuan orang tersebut untuk membimbing orang lain dalam mencapai tujuan-tujuan yang diinginkan kelompok.
  • Lester (2002), mendefinisikan kepemimpinan sebagai seni mempengaruhi dan mengarahkanorang dengan cara kepatuhan, kepercayaan, hormat dan kerja sama yang bersemangat dalam mencapai tujuan bersama.
  • Robbins (2002), kepemimpinan itu adalah kepemimpinan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi suatu kelompok kearah tercapainya tujuan.
  • Kepemimpinan merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain, bawahan atau kelompok, kemampuan mengarahkan tingkah laku bawahan atau kelompok, memiliki kemampuan atau keahlian khusus dalam bidang yang diinginkan oleh kelompoknya, untuk mencapai tujuan organisasi atau kelompok.


Sumber:
Usman. Husain.2012.Manajemen Teori, Praktik, & Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Hikmat. 2009. Manajemen Pendidikan. Pustaka Setia.
Nasrudin, Endin. 2010. Psikologi Manajemen. Pustaka Setia.
Munandar, A.S. 2001. Psikologi Industri dan Organisasi. Universitas Indonesia (UI-Press), 
Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar